Menakertrans Targetkan Tuntaskan Masalah Outsourcing 6 Bulan

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/10/03/160894/Menakertrans-Targetkan-Tuntaskan-Masalah-Outsourcing-6-Bulan/6

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menargetkan menuntaskan masalah outsourcing atau alih daya dalam enam bulan ke depan. “Ada risiko yang harus disiapkan para buruh yaitu pekerjaan yang dioutsourcingkan, tetapi bukan pekerjaan inti untuk penyesuaian. Paling cepat enam bulan harus tuntas,” katanya kepada Metro TV di Jakarta, Rabu (3/10).

Muhaimin mengatakan semua jenis pekerjaan outsourcing di luar pekerjaan pokok harus dihentikan. Menurutnya, pemerintah telah membentuk Komite Pengawas Nasional untuk mengawasi pelaksanaan penerapan outsourcing sesuai dengan undang-undang hingga ke daerah-daerah.

Ia mengakui sistem outsourcing bagai buah simalakama mengandung dua risiko langsung, pengangguran dan pola hubungan yang membutuhkan waktu untuk penyempurnaan serta penyesuaian atas aturan baru. Saat ini Kemenakertrans tengah berupaya untuk mematangkan keputusan untuk pemberlakuan outsourcing.

Muhaimin mengaku telah bertemu dengan para serikat pekerja untuk memahami proses transisi ini. Dalam pertemuan itu hampir dicapai satu kesepakatan bahwa pada dasarnya seluruh model alih daya harus dikembalikan kepada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dengan berbagai penyesuaian.

“Tidak boleh mempekerjakan outsourcing pada pekerjaan-pekerjaan inti, sedangkan pekerjaan tambahan hanya dibatasi (sesuai UU No.13) yakni cleaning service, pengamanan, transportasi, catering, dan jasa tambahan dari pertambangan,” ujar Muhaimin.

Kemenakertrans akan mengeluarkan aturan baru kepada setiap perusahaan outsourcing. Setiap perusahaan harus mendaftar ulang kepada pemerintah daerah melalui gubernur agar bisa diidentifikasi bagi mereka yang melanggar undang-undang.

Aksi mogok buruh berlangsung di Jakarta hingga daerah, hari ini. Mereka menuntut pemerintah menghapus sistem outsourcing, menolak upah murah, dan jaminan kesehatan untuk segera diberlakukan pada 1 Januari 2014, bukan 2019.

“Insya Allah kita sudah capai titik temu, dan demonstrasi ini hanya salah satu upaya kita untuk terus mempercepat proses itu,” ujar Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa ini.(Wrt1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s