Lagi, Muhaimin Janjikan Penghapusan Sistem Outsourcing Selasa, 23 Oktober 2012

http://www.seruu.com/utama/nasional/artikel/lagi-muhaimin-janjikan-penghapusan-sistem-outsourcing

Denpasar, Seruu.com – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar kembali mengumbar janji bahwa pihaknya segera menghapus sistem tenaga kerja alih daya atau “outsourcing”.  “Untuk aturan tersebut kami keluarkan secepatnya. Selambat-lambatnya akhir bulan ini,” katanya seusai pembukaan “Asian Productivity Organization”(APO) di Sanur, Denpasar, Selasa (23/10/2012).

Ia menjelaskan bahwa regulasi baru dalam format Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) itu tetap mengacu pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2004 tentang Ketenagakerjaan, yaitu pekerjaan pokok atau pekerjaan inti tidak boleh dialihdayakan.

“Kalau untuk pekerjaan tetap pada perusahaan tersebut tidak boleh lagi `di-outsourcing`,” kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Menurut Muhaimin, tenaga kerja yang boleh dialihdayakan hanya ada lima jenis yakni keamanan, pelayanan kebersihan, transportasi, katering, dan pekerjaan penunjang penambangan.

“Selain lima jenis pekerjaan itu nantinya harus dihentikan untuk menggunakan “outsourcing` dan kemudian menyesuaikan dengan sistem kerja langsung antara penerima kerja dan pemberi kerja,” ucap salah satu cucu mendiang Presiden Abdurrahman Wahid itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah aturan “outsourcing” dikeluarkan, perusahaan bersangkutan akan diberi kesempatan untuk masa transisi guna menyiapkan penyesuaian kebutuhan tenaga kerja, termasuk pekerjaan yang dialihdayakan.

“Kami harapkan masa transisi itu juga disiapkan agar yang sudah bekerja saat ini tidak kehilangan pekerjaannya,” kata Muhaimin menegaskan.

Sebelumnya berulangkali Menteri Muhaimin menjanjikan aturan yang jelas terkait buruh dan tenaga kerja Outsourcing yang sejak keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi harus ditata kembali dan tidak memiliki dasar hukum yang jelas. [ms]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s